Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Kamis, 01 Oktober 2009

Orang-orang yang beriman

1. Golongan orang beriman

Allah membagi manusia menjadi tiga golongan: manusia beriman, manusia munafiq dan manusia kafir. Allah memanggil manusia yang merespon ayat-ayat Allah dengan sebutan Orang-orang beriman. Manusia beriman mempunyai tanda-tanda yang telah Allah anugerahkan-hati selalu ingat pada-Nya, selalu berinfaq pada orang yang membutuhkan-. Keimanan ini adalah sebuah anugerah Allah dimana Allah selalu menguji untuk mendapatkan keimanan yang sempurna. “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta (Al Ankabuut: 3)”.

2. Balasan terhadap orang-orang yang beriman

Keyakinan manusia beriman bahwa Allah tidak pernah melalaikan aktifitas kebaikan merupakan pendorong di dalam melakukan setiap aktifitas. Seluruh aktifitas manusia beriman hanya diperuntukkan untuk Allah dan memberikan kebaikan pada manusia yang lainnya.”Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya (Al Baqarah: 25)”.

3. Sifat-sifat orang beriman

Pengenalan dan Keyakinan yang sempurna kepada Allah membuahkan aktifitas yang baik. Melakukan aktifitas kebaikan yang istiqamah membuahkan sifat yang dapat dilihat oleh manusia manapun. Keyakinan yang teguh dan selalu memberi kemanfaaatan buat orang lain adalah gambaran manusia beriman sempurna. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka. 4. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya (Al Anfaal: 3)”.
Pasal ke sembilan: Orang-orang Beriman; Al Qur'an telah memberikan gambaran secara utuh tentang siapa orang yang beriman itu. Manusia harus berusaha mempunyai sifat-sifat dan perilaku sebagai orang yang beriman yang digambarkan oleh Al Qur'an. Menggunakan semua potensi dirinya dan panca inderanya dalam menangkap ayat-ayat Allah

Tidak ada komentar: