Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Kamis, 01 Oktober 2009

Hari berbangkit

1. Bukti-bukti tentang kebenaran hari berbangkit

Kejadian yang lain setelah terjadinya Kiamat adalah Hari Berbangkit. Hari dimana semua manusia akan dibangkitkan oleh Allah SWT untuk dipertanyakan tentang nikmat yang Allah telah berikan kepada manusia. Allah menyadarkan kepada manusia bahwa Hari berbangkit pasti terjadinya. Orang-orang beriman harus percaya dengan yakin seyakinnya, tidak ada keraguan segidikitpun “Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala suatu, dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. Allah menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan) nya kembali; kemudian kepada-Nyalah kamu dikembalikan (Al Hajj: 6)”

2. Keingkaran orang kafir terhadap hari berbangkit

Dakwah Rasul yang selalu diragukan kebenarannya oleh orang kafir adalah hari berbangkit. Orang-orang kafir tidak memahami dan tidak mengerti bagaimana tubuh yang sudah menjadi tanah dan tulang belulang dapat dibangkitkan oleh Allah. “Berkatalah orang-orang yang kafir; "Apakah setelah kita menjadi tanah dan (begitu pula) bapak-bapak kita; apakah sesungguhnya kita akan dikeluarkan (dari kubur)? (An Naml: 27)

3. Hanya Allahlah yang mengetahui kapan terjadinya hari berbangkit

Hari Berbangkit dan Hari Kiamat merupakan sebuah kejadian yang merupakan rahasia bagi manusia. Kapan terjadinya dan bagaimana terjadinya adalah Haq Allah semata, tak ada manusia yang diberi pengetahuan tentang itu semua. “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah". Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya (Al Ahzab: 63)”
Pasal ke enam: Hari Berbangkit; Al Qur'an memberikan informasi pada hari kiamat kubro ada beberapa proses kejadian dimana setelah hancur alam dunia ini kemudian Allah membangkitkan manusia menuju Alam Akhirat. Proses ini dinamakan Hari Berbangkit, pada hari ini ada wajah yang berseri-seri tetapi ada juga yang bermuram durja. Pemahaman tentang hal ini harus dapat membangun karakter-karakter yang positif.

Tidak ada komentar: