Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Kamis, 01 Oktober 2009

Beriman kepada para Rasul

1. Rasul-Rasul Allah SWT

Rasul adalah orang yang dipercaya Allah swt. untuk membimbing umat dalam menegakkan ajaran kitab suci. Allah telah begitu banyak mengangkat Rasul. ” Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya`qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, `Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang saleh. dan Ismail, Alyasa`, Yunus dan Luth. Masing-masingnya Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya) (Al An’am: 84)”
2. Kerasulan Muhammad SAW.

Salah seorang Rasul yang diangkat oleh Allah adalah Nabi Muhammad SAW. Beliau membawa aturan (syariat) tertentu dengan tauhid yang sama untuk mengajak umat mengesakan Allah. “Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu (Al Maidah: 68)”.
3. Pembalasan terhadap orang-orang yang membunuh nabi-nabi

Perjuangan para Rasul didalam membimbing umat penuh dengan tantangan dan membutuhkan kesabaran yang besar. Ancaman dan Siksaan yang besar bagi orang yang mendustakan para Rasul.” Telah mendustakan (rasul-rasul pula) sebelum mereka itu kaum Nuh, `Aad, Fir`aun yang mempunyai tentara yang banyak, dan Tsamud, kaum Luth dan penduduk Aikah. Mereka itulah golongan-golongan yang bersekutu (menentang rasul-rasul). Semua mereka itu tidak lain hanyalah mendustakan rasul-rasul, maka pastilah (bagi mereka) azab-Ku (Shaad: 13)”
Pasal ke lima Beriman kepada para Rasul; dengan informasi-informasi Al Qur'an Para Rasul adalah manusia yang ditugaskan oleh Allah untuk menjelaskan kitab-kitab suci-Nya. Beriman kepada para Rasul harus menumbuhkan beberapa karakter, minimal:
  1. Menumbuhkan rasa berterima kasih kepada para Rasul
  2. Selalu berusaha meneladani sifat-sifat para Rasul dalam menjalani kehidupan di dunia ini
  3. Selalu mencari keridho'an Allah swt dalam kehidupan di dunia ini

Tidak ada komentar: