Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Kamis, 01 Oktober 2009

Beriman pada kitab-kitab Allah

1. Al Qur’an dan Kitab-Kitab sebelumnya

Kitab-kitab Allah seluruhnya mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai petunjuk Allah yang harus dilakukan oleh Manusia. Allah menurunkan beberapa kitab suci. Allah sangat mencela manusia yang telah diberi petunjuk tapi tidak mau melakasanakan petunjuk itu “Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa Al Kitab (Taurat), maka janganlah kamu (Muhammad) ragu-ragu menerima (Al Qur'an itu) dan Kami jadikan Al Kitab (Taurat) itu petunjuk bagi Bani Israil (As Sajdah: 23)”.

2. Ayat yang menentramkan hati nabi

Ayat-ayat Allah yang bersifat bahasa (Al Qur’an) terkadang diturunkan untuk memotifasi Rasulullah dalam perjuangan dan juga menentramkan kegundahan Rasul ketika berdakwah menghadapi kaumnya. Allah untuk menentramkan kegundahan Rasul terkadang bercerita tentang kaum terdahulu “Dan jika mereka (orang-orang musyrik) mendustakan kamu, maka sesungguhnya telah mendustakan juga sebelum mereka kaum Nuh, `Aad dan Tsamud. dan kaum Ibrahim dan kaum Luth,(Al Hajj: 42)”

3. Kedatangan azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya dengan cara istidraj

Allah akan memberikan siksaan bagi umat yang tidak mau menerima petunjuk-petunjuk kitab sucinya (Al Qur’an/ kitab-kitab suci lainnya). Merasa pendapat dirinya atau kaumnya yang lebih berarti dibandingkan petunjuk-petunjuk Ilahi. “ dia mendengar ayat-ayat Allah dibacakan kepadanya kemudian dia tetap menyombongkan diri seakan-akan dia tidak mendengarnya. Maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih (Al Jatsiyah: 8)”

Pasal ke empat Beriman pada kitab-kitab Allah; Al Qur'an memberikan informasi pada kita bahwa Allah menurunkan kitab suci-Nya adalah sebagai rasa kasih sayang Allah kepada manusia agar selamat di dalam menjalani kehidupan yang sementara di dunia. Berimana pada kitab-kitab Allah harus menumbuhkan karakter-karakter yang baik, minimal:
  1. Mengoptimalkan semua kemampuan yang dimiliki untuk mempelajari Kalamullah
  2. Berusaha melaksanakan ajaran-ajaran Al Qur'an baik yang bersifat pribadi maupun yang bersifat untuk menjaga kemaslahatan umat (hukum-hukum)
  3. Menjadikan Kalamullah sebagai sumber insfirasi dalam kehidupan.

Tidak ada komentar: