Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Kamis, 01 Oktober 2009

Beriman Kepada Allah

1. Perintah menyembah Tuhan Yang Maha Esa

Pemahaman tentang Keesaan mengharuskan manusia beribadah dengan sungguh-sungguh. Manusia yang sempurna bukan hanya baik dalam pemikiran dan prasangka (iman) tetapi juga harus baik dalam amal (ibadah). Allah mengingatkan “Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa (Al Baqarah: 21)”. “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam (Ali Imran: 19)”.


2. Allah yang Berkuasa dan yang Menentukan

Ayat-ayat Allah selalu menunjukkan kepada manusia tentang sangat berkuasanya Allah. Dalam bahasa Al Qur’an Allah membahasakan “Tiadakah kamu mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?” Diantara kekuasaan-kekuasaan Allah: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu, dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang (Al Baqarah: 164)”.

Pasal Beriman Pada Allah: Setelah seorang manusia memahami keberadaaan Allah dengan berbagai macam atribut-Nya yang penuh dengan keagungan dan kemulian, manusia diharapkan beriman (percaya) kepada Allah. Beriman kepada Allah ini sangat besar dampaknya didalam membangun karakter manusia, minimal terbangun karakter:

  1. Beribadah kepada-Nya sebagai manifestasi rasa kelemahan pada manusia. Beribadah bukan untuk alat memenuhi keinginan-keinginannya melainkan sebagai rasa pengagungan terhadap-Nya.
  2. Selalu dirinya terobsesi untuk mempunyai sifat-sifat yang dimiliki oleh sang pencipta dirinya; kelembutan, kasih sayang, pema'af dan lain-lain sebagainya
  3. Dirinya hanya ingin menjadi hamba Zat yang penuh dengan keagungan dan kemulian.

Tidak ada komentar: