Khadimul Qur'an

"Dan berkata Rasul: ' Ya Tuhanku sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an itu sesuatu yang ditinggalkan'
(Al Furqon -25- :30)
"Dan Orang-orang Kafir berkata: ' Janganlah kalian
mendengarkan Al Qur'an ini dengan sungguh-sungguh dan
buat hiruk pikuklah terhadapnya agar kalian dapat
mengalahkannya'
(Fushilat -41- : 26)

Senin, 05 Oktober 2009

Permainan 6-10

Nama Permainan: Yang Ingin Aku Ketahui

Sasaran: Santri usia 6-9 tahun
Waktu: 10 menitTujuan:Melatih kecepatan mengajukan pertanyaan tentang Al Qur’an

Bahan-bahan
  • Kartu B3Q
  • Pencatat waktu

Langkah-langkah:
  1. Jelaskan bahwa permainan ini untuk melatih kecepatan mengajukan pertanyaan yang benar tentang Al Qur’an
  2. Tentukan waktu, misalnya, 3 menit untuk setiap santri untuk menyusun pertanyaan secara spontan
  3. Mintalah salah satu santri untuk tampil ke depan. Tugasnya mengambil salah satu Kartu B3Q dan mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya dalam waktu 3 menit mengenai isi Kartu tersebut
  4. Perhatikan apakah pertanyaan itu benar, dan berapa banyak yang dapat ditanyakan dalam waktu 3 menit tadi
  5. Setiap selesai santri tampil, jelaskan pertanyaan mana yang benar dan mana yang salah
Nama Permainan: Melanjutkan Kisah Al Qur’an

Sasaran: Santri 6-8 tahun
Waktu: 15 Menit
Tujuan:
  1. Mampu merangkaikan suatu kisah
  2. Mampu bekerjasama dengan teman dalam menyusun kisah berdasarkan penjelasan teman sebelumnya
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q; Kuartet yang dapat dijadikan bahan cerita.
  • Kartu manila ukuran 5 x 5 cm yang bertuliskan bilangan 1 – 4

Langkah-langkah:
  1. Jelaskan permainan ini adalah untuk merangkaikan kisah secara bergiliran.
  2. Untuk Kartu yang berupa gambar, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri.
  3. Untuk bahan berupa nomor urut, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri, yang menunjukan urutan melanjutkan kisah.
  4. Santri yang mendapat bahan bergambar, diminta untuk memulai berkisah.
  5. Diskusikan siapa yang pertama kali mendapat giliran berdasarkan gambarnya.
    Untuk santri yang mendapat kartu bernomor 1, 2, 3, dan 4 secara bergantian menyampaikan kisah tertentu. Kisah tersebut dapat disepakati terlebih dahulu atau diserahkan kepada yang mendapat urutan nomor.

Nama Permainan: Meneliti Ayat Pertama Suatu Surat

Sasaran: Santri usia 8 – 10 tahun
Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan ayat-ayat pertama dalam suatu surat
  2. Melatih cara melafalkan ayat-ayat pertama yang berbentuk huruf-huruf Hijaiyyah
  3. Melatih kepekaan penyimakan

Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
  • Al Qur’an dan terjemahannya

Langkah-langkah:
  1. Jelaskan maksudnya, yaitu menelaah ayat pertama suatu surat
  2. Kocoklah Kartu B3Q berikan satu kartu kepada salah seorang santri, dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan kartu yang ia dapat
  3. Mintalah santri untuk mencatat atau menulis ayat-ayat pertama 10 surat pertama
  4. Tanyakan apa yang dirasakan atau difikirkan santri.
  5. Dengarkan tanpa menyelaBerilah cara yang benar membaca ayat-ayat tersebut

Nama Permainan: Meneliti Ayat Terakhir Suatu Surat

Sasaran: Santri usia 10 –12 tahunWaktu: 10 –30 menit
Tujuan:
  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan isi ( terjemahan ) Al Qur’an
  2. Melatih membaca ayat-ayat tersebut secara benarMengetahui jumlah ayat setiap surat dalam setiap ayat

Bahan-bahan:
  • Kartu B3QAl Qur’an dan Terjemahnya

Langkah-langkah:
  1. Jelaskan bahwa santri akan dilatih untuk mengenali Al Qur’an secara apresiatif
  2. Kocoklah Kartu B3Q kepada salah seorang santri dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan informasi Kartu B3Q yang ia dapat pada pojok kiri bawah (jumlah ayat setiap surat)
  3. Berilah contoh cara membaca yang benar setiap ayat terakhir tadi dan terjemahannyaMintalah setiap santri secara bergiliran membaca ulang ayat-ayat terakhir

Nama Permainan: Tanda Jejak (Out Bond) Al Qur’an

Sasaran: Santri usia 8 – 10 tahun
Waktu: 60 – 180 menit

Tujuan:
Melatih pengenalan alam dan lingkunganMengenal materi tentang surat dan ayat Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3QAmplop berisi 2 – 3 kertas putih bertuliskan nomor tertentu
  • Persiapan panitia untuk menentukan rute dan pos-posnya

Langkah-langkah:
  1. Bagilah santri ke dalam 4 – 5 kelompok; berjumlah 5 – 7 orang
  2. Setiap kelompok mendapatkan jatah sebuah amplop yang berisi 2-3 lembar kertas putih ukuran 9x9 cm yang isinya satu nomor surat antara 1-114.
  3. Jatah amplop tersebut akan diberikan oleh panitia di tiap pos.Rute tanda jejak ditentukan lebih dahulu oleh panitia, dengan jumlah pos misalnya ada 10 pos bernama pos Al Maidah, Pos An Nahl dan seterusnya.
  4. Petunjuk jejak diberikan oleh panitia di tiap pos.Pada setiap pos, amplop akan diambil secara acak oleh salah seorang wakilnya dan diserahkan kepada penjaga pos.
  5. Kelompok tersebut akan mendapat pertanyaan atau perintah yang berhubungan dengan nomor surat tadiKelompok dapat melanjutkan perjalanan , apakah dinilai telah lulus ujian pada pos-pos tersebut dan akan mendapatkan tiket melanjutkan ke pos berikutnya. Tiket adalah nilai kelompok di pos tersebut.

Akhir permainan, setiap hasil penilaian akan dijumlahkan. Kelompok yang mendapat nilai terbesar adalah pemenangnya.

Tidak ada komentar: