Nama Permainan: Surat Makiyyah-Madaniyyah
Peserta: Santri usia 7 –9 tahun
Waktu: 15 menit
Tujuan:
Tujuan:
- Mengenalkan nama-nama surat Makiyyah – Madaniyyah
- Melatih motorik dan pelatihan membedakan warna
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q (berwarna hijau Makiyyah dan berwarna biru Madaniyyah)
- Dua buah dus kosong, usahakan berbeda warnanya, misalnya putih dan merah
Langkah-langkah:
- Bagilah ke dalam dua kelompok A-B masing-masing 2-3 orang
- Jelaskan tugasnya, yaitu memindahkan kartu berwarna biru dan hijau ke dus yang telah disediakan di depan dalam jarak tempuh 4-5 meter
- Setelah siap, beri aba-aba agar setiap santri bersiap untuk memindahkan kartu warna tadi ke kotak yang telah disiapkan. Kelompok A ke kotak merah dan Kelompok B ke kotak hijau.
- Setelah waktunya habis (10 menit), periksalah hasil pekerjaan masing-masing kelompok sesuaikan dengan ketentuan.
- Umumkan hasilnya, siapa yang paling banyak memindahkan kartunya dengan benarAkhirnya, jelaskan nomor surat itu dengan nama-nama surat, dan jelaskan secukupnya apa yang dimaksud dengan surat Makiyyah dan Madaniyyah. Sesuaikan dengan tingkat usia mereka.
Nama Permainan: Petak Umpet Al Qur’an
Sasaran: Santri usia 6-8 tahunWaktu: 15 menit
Tujuan:
- Melatih gerak motorik, khususnya kaki
- Mengenal nama-nama surat dengan bantuan warna
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q
- Aduk kedua jenis kartu tadi, dan bagi secara merata ke dalam dua dus kosong yang telah disediakan.
Langkah-langkah:
- Bagilah peserta menjadi 2 kelompok berjumlah 4 – 5 orang. Jika banyak santrinya, permainannya digilir
- Jelaskan aturan mainnya, yaitu kelompok A mengambil sembarang kartu pada dus A masing-masing satu buah, lalu suruh bersembunyi di sekitar lingkungan permainan.
- Kelompok B bertugas untuk mencari anak-anak yang sembunyi sampai ketemu. Jika ditemukan, tanyakan nomor berapa kartunya. Setelah dijawab, santri dari kelompok B menuju kotak kardus B untuk menemukan apa nama suratnya.
- Demikian pula untuk santri kelompok A menemukan nama suratnya di dus A. Siapa yang lebih dahulu menemukan jawabannya, maka menang dan mendapat kesempatan untuk sembunyi.
- Sebaliknya, jika B yang menemukan, maka yang menang dan gilirannya untuk sembunyi dengan cara yang sama.
Di akhir permainan, suruh berkumpul untuk mendengarkan penjelasan secukupnya maksud permainan tadi dan pengenalan akan nama-nama surat dan penjelasan tentang surat-surat tadi.
Nama Permainan: Langkah-langkah Al Qur’an
Sasaran: Santri usia 6 – 10 tahun
Waktu: 30 menit
Tujuan:
Tujuan:
- Mengenal nama dan nomor surat
- Mengenal konsep jarak lewat langkah-langkah kaki
- Mengenal alam dan lingkungan
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q
- Bendera berwarna kuning dari bahan kertas ukuran 20x25 cm berjumlah 50 buah atau lebih (secukupnya)
- Halaman atau lapangan yang luas (lapangan sepak bola)
Langkah-langkah:
- Bagilah para santri menjadi beberapa pasangan, masing-masing 2 orang. Misalnya ada 10 pasangan /kelompok
- Aturan mainnya, tiap kelompok mendapat kesempatan untuk mengambil 1 buah kartu berwarna merah pada dus A-Merah sebanyak 5-7 kali pengambilan.
- Setelah itu, tunjukan atau beri tahu isinya kepada pasangannya, untuk dicarikan nama suratnya pada kartu warna kuning yang ada pada dus B-Kuning.
- Setelah ketemu pasanganya tadi melangkahkan kakinya lebar-lebar sebanyak nomor surat (misalnya, Yusuf [12], jadi melangkah sebanyak 12, ke arah tujuan akhir jejak langkahnya. Berhenti di sana.
- Pasanganya kembali mengambil kartu di dus A, lalu memberitahukan kepada pasangannya.
- Pasangannya memberi tanda dalam bentuk bendera yang ditancapkan Lalu berlari menuju dus B untuk mencari jawaban nomor suratnya.
- Setelah ditemukan, mengambil sebuah bendera warna kuning ke-2 menuju titik pertama, dan melangkahkan kakinya sebanyak nomor suratnya (missal Al A’raf [7], berarti 7 langkah.
- Setelah sampai, ditancapkan bendera kedua. Demikian seterusnya sampai 5-10 bendera. Hal yang sama silakukan pula oleh pasangan kelompok II, III dan seterusnya, secara bergiliran
- Pasangan kelompok yang paling jauh mendekati garis finish adalah pemenangnya
- Contoh aba-aba “Di depan kalian, ada dua dus A-Merah dan B-Kuning serta bendera warna kuning. Tugas kalian, yang seorang mengambil dengan cepat kartu merah di dus Merah dan menyerahkannya kepada pasangannya.
- Tugasnya adalah menemukan kartu jawabannya, dan mengambil bendera kuning untuk ditancapakan pada lokasi, menurut langkah kaki. Misalnya, kartu kuning tertulis Yusuf [12], berarti melangkah 12 langkah kaki menuju tujuan akhir, dan menancapkan bendera kuning tadi. Lakukan hal yang sama untuk pengambilan ke 2-5. Siapa yang paling jauh jaraknya, adalah pemenangnya.
Nama Permainan: Komuniqur’an
Sasaran: Usia 9-12 tahunWaktu: 30-90 tahun
Tujuan:
- Mengenal dan memahami Al Qur’an
- Melatih kemampuan menjelaskan secara efektif dan kemampuan menyimak
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q
Langkah-langkah:
- Santri terdiri dari kelompok berjumlah 3-4 orang
- Aturannya, setiap santri akan mendapatkan Kartu Pos Komuniqur’an yang diambil secara acak oleh wakil peserta selama permainan sebanyak 10 lembar.
- Santri (anggota 1) tadi meminta anggotanya (2, 3, dan 4) untuk bertanya kepadanya agar dapat menebak isi Kartu Pos Komuniqur’an tadi. Cara bertanyanya ditentukan sebagai berikut: “berhubungan dengan . . .”.
- Peserta yang memegang kartu pos hanya boleh menjawab “tidak“ atau “ya”.Setiap kelompok diberi waktu dua menit untuk setiap soal. Setelah 20 menit berlalu, giliran kelompok II, III, dan seterusnya.
- Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak menebak jawabanya secara benar.
Nama Permainan: Kuartet Al Qur’an
Sasaran: Santri usia 9-12 tahun
Waktu: 60-120 menit
Tujuan:
- Mengenal akrab informasi tentang Al Qur’an
- Melatih kerjasama saling memberi dan menerima
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q
Cara permainannya, sebagai berikut:
- Setiap permainan terdiri dari 4 orang, masing-masing akan mendapatkan 5 buah kartu secara acak dari hasil kocokan
- Setiap santri secara bergiliran menurut arah jarum jam mengambil satu buah kartu dari pemain lain, dan membuang satu kartu lain ke arah pemain yang diambil kartunya.
- Tujuan setiap pemain, mengumpulkan satu seri kwartet, dalam jumlah terbanyak yang apabila sudah terbentuk disimpan.
- Jika tidak mengambil dari teman, diberi hak untuk mengambil sisa kartu yang tersimpan di depan sampai habis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar